Sabtu, 24 Oktober 2015

Label:

Cerita Mistis di Jembatan Ancol

Jembatan Ancol terletak di atas kali Ancol. Pada pada zaman Belanda, kali tersebut memiliki nama Kanaal Antjol. Konon di jembatan Ancol ini sering terlihat sosok hantu berwujud wanita cantik. Dahulu dia adalah seorang wanita cantik yang diperkosa dan dibunuh. Lalu mayatnya dibuang ke kali Ancol ketika itu.

Kejadian mengenaskan itu telah berlangsung selama puluhan tahun yang lalu. Saat itu daerah Ancol masih merupakan rawa-rawa dan semak belukar, serta hutan bakau. Di daerah tersebut juga masih terdapat empang serta tambak ikan.

Dulu pernah diceritakan seorang nelayan perahu getek penyebrangan kali Ancol melihat sosok hantu cantik ini. Hantu tersebut minta disebrangkan ketika malam hari.

Awalnya sang nelayan belum menyadari bahwa wanita tersebut adalah hantu. Sang nelayan menyebrangkannya hingga ke pinggir kali di sisi Ancol. Pak Nelayan tua itu baru sadar setelah wanita itu tiba-tiba menghilang begitu saja, dan uang pemberian wanita itu ternyata selembar daun.


Ada pula seorang pelukis di pasar seni Ancol yang mengaku pernah melukis sosok hantu wanita ini. Wanita ini awalnya minta dilukis, pada saat lukisan setengah jadi, tiba-tiba wanita ini menghilang.

Penduduk setempat biasanya memanggil hantu di jembatan Ancol tersebut dengan sebutan "si manis jembatan ancol".

Legenda mistis diseputar kawasan Ancol sudah ada sejak dulu, hingga membuat beberapa sutradara mengangkat legenda ini ke dalam sebuah film horor. Film pertama tentang si Manis diproduksi tahun 1973, lalu dibuat lagi film tentang si Manis ini di era tahun 2000.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram