Sabtu, 13 Juni 2015

Label:

Fakta Tentang Orang Bunian di Minangkabau, Sumatera Barat

Orang bunian ini sebenarnya makhluk halus yang terkenal dan dipercaya nyata di Malaysia. Namun ternyata, di Indonesia juga, khususnya di daerah Minangkabau, Orang Bunian juga bukanlah hal yang asing lagi. Orang bunian dipercaya memiliki wujud menyerupai manusia dan tinggal di tempat-tempat sepi, contohnya di rumah-rumah kosong yang telah ditinggalkan penghuninya dalam waktu lama. Mitos lain juga menyebutkan bahwa Orang Bunian sering ditemui di hutan.

Istilah orang bunian juga sering dikaitkan dengan "dewa" di Minangkabau. Namun pengertian "dewa" disini berbeda dengan pengertian dewa dalam yang dijelaskan dalam ajaran Hindu maupun Buddha. "Dewa" dalam istilah Minangkabau berarti sebangsa makhluk halus yang tinggal di hutan, di rimba, di pinggir bukit, atau di dekat kuburan.

Biasanya ketika menjelang matahari terbenam, di pinggir bukit akan tercium bau aroma yang biasa dikenal dengan nama "masakan dewa" atau "samba dewa". Menurut penuturan masyarakat setempat, aroma tersebut mirip bau kentang goreng.


"Dewa" dalam kepercayaan Minangkabau bergender perempuan, yang cantik rupawan, bukan laki-laki seperti persepsi yang umum di kepercayaan lain. Jadi apakah fakta Orang bunian sebenarnya adalah hantu perempuan yang cantik?

Masyarakat Minangkabau juga percaya bahwa jika ada orang hilang, maka orang tersebut disembunyikan oleh orang bunian. Ada juga istilah "orang dipelihara dewa",yaitu bayi yang ketika lahir diculik oleh Orang Bunian.

1 komentar:

© 2015 Terseram. All rights resevered. Designed by Templateism. Modified by Terseram